Rabu, 25 September 2019

CONTOH DOA SYAFAAT IBADAH MINGGU RAYA


Syafaat 1
Ya Allah, Ya Tuhan Kami, yang menganugerahkan hidup, kekuatan dan kesehatan bagi kami. Bersyukur kami karena diperkenankan ada di rumahmu yang kudus ini. Di rumahMu ini, kami memuji dan memuliakan kebesaran NamaMu. Di sini kami mendengar firmanMu yang menuntun langkah kaki kehidupan kami, agar nafas kehidupan kami tertuntun pada jalan-jalan yang Engkau sukai.

Hanya Engkaulah Tuhan penolong kami, yang memberkati kami sedemikian rupa untuk dapat mengecap berkat-berkat jasmani dalam hidup kami, yang nyata lewat pemeliharaan kekuatan dan kesehatan kami saat kami berada pada bidang pengabdian kehidupan kami masing-masing, lewat usaha dan pekerjaan kami. Engkau mengenal mata pencaharian kami, baik yang berada di darat maupun di laut. Maka seluruh aktifitas mata pencaharian kami, baik sebagai; petani, nelayan, pedagang, TNI/Polri, guru, pekerja tenaga medis, camat, dewan rakyat, tukang bangunan, pengendara bentor, wirausaha, pekerja swasta, pendeta. Kami pertaruhkan ke dalam tangan Tuhan yang menjaga dan menyertai kami.


Terlepas dari semua berkat yang telah kami peroleh. Kami pun menyadari bahwa sebagai pribadi yang diberkati Tuhan lewat pekerjaan kami itu, kami seringkali lupa dan lalai untuk bersyukur kepadaMu, kami terkadang melakukan hal hal yang tidak Tuhan kehendaki untuk kami lakukan, sehingga kesemuanya itu mendatangkan murka atas kami, maka dari itu berkenanlah engkau mengampuni setiap dosa kami dan menghibur kami, menunjukan jalan yang terbaik dari setiap pergumulan yang kami alami agar kami bole terlepas dari setiap beban dan pergumulan yang selama ini kami rasakan.

JemaatMu yang sedang bergumul dengan keadaan sakit, di rumah dan di rumah sakit, jamahlah setiap jaringan tubuh mereka yang sakit, serta memberkati setiap obat yang di makan maupun minum, memberikan kesabaran di dalam menghadapi proses penyembuhan, dan seluruh proses penyembuhan mereka, kami taruhkan di dalam tangan pengasihanMu.

Di saat ini juga kami berdoa bersama-sama dengan beberapa saudara-saudara yang telah membawa ucapan syukur mereka–atas  segala  berkat Anugrah Tuhan yang telah Tuhan nyatakan di tengah-tengah kehidupan mereka tiap-tiap orang dan keluarga:

  1.  Melalui ketambahan umur  usia setahun.
Kami sungguh menyadari bahwa tanpa pemeliharaanMu dan kasih sayangMu kami tidak dapat menikmati setiap sukacita ini,,, untuk itu patutlah kami bersyukur saat ini. Olehnya itu, berkatilah  setiap ucapan syukur mereka sucikan ,kuduskan, dan terimalah setiap persembahan yang di berikan, Lengkapilah sukacita iman yang boleh mereka rasakan saat ini dan biarlah senantiasa berkat  Tuhan terus mengalir di tengah-tengah kehidupan mereka, dan Ajarlah kami terus untuk tau berterima kasih dan mengucap syukur selalu kepada Tuhan baik di waktu, senang, sedih, susah maupun duka.

  1. Lansia
Para orangtua yang telah lanjut usia, Bapa jumpai mereka di bilik-bilik rumah tangga mereka masing-masing. Berikan kesukacitaan penghiburan dan kedamaian di hati mereka. Supaya di hari tua mereka, mereka dapat rasakan kasih Bapa. Terima kasih Tuhan,....... Karena Engkau selalu setia mendampingi mereka melewati tahun demi tahun kehidupan mereka. Bimbinglah mereka Tuhan, agar di dalam kasih dan pemeliharaan-Mu mereka dapat melalui hari-hari mereka.
  1. Masa depan anak-anak dalam keluarga Kristen
Doa kami pun menyertai anak-anak kami yang demi masa depan mereka berjuang di bangku-bangku sekolah untuk menuntut ilmu pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan SD sampai kepada Perguruan Tinggi. Bapa kiranya berkati mereka semuanya. Baik anak-anak kami yang kerena tuntutan ilmu pendidikan, berada di dalam desa dan kota ini maupun yang karena tuntutan ilmu pendidikan harus berada di tanah perantauan orang asing, Kiranya Bapa berkenan mengiringi jalan hidup mereka menjadi anak-anak yang memiliki masa depan dan diberkati Tuhan.

Semua anak-anak muda yang sementara ini berada dan dididik, dibina di dalam didikan katekesasi. Tuhan taruh roh ketekunan, kesetiaan serta dengar-dengaran untuk tetap ada dan patuh terhadap semua ketentuan-ketentuan yang sedang berlaku di dalam lingkungan jemaat Moulango. Biarlah melalui pendidikan katekesasi ini mereka terbentuk secara mental dan iman yang menunjukkan dirinya sebagai prajurit-prajurit Kristus, yang siap memuliakan Tuhan dengan sikap dan tingkah-laku yang mereka punya.

Begitu juga bagi pertumbuhan iman kedua anak kekasih yang telah menerima Baptisan Kudus Anak. Maka sertailah anak-anak itu lewat pola asuh dan didikan kedua orangtua mereka hari lepas hari, baik sebagai orangtua biologis, maupun orangtua rohani.
  1. .................................
  2. .................................
  3. .................................

Kami berdoa Tuhan bagi Pembangunan gereja jemaat Moulango. Pengecoran dek lantai dua kemarin telah berjalan dengan pertolonganMu bagi kami. Anugerahkan kepada kami kesehatan dan kekuatan secara khusus kepada para pekerja gedung gereja itu, agar senantiasa mereka dapat menyelesaikan tugas mereka dengan baik dan benar sesuai apa yang menjadi tanggung jawab mereka. 

Anugerahkan juga hikmat kepada kami selaku para pekerja di gereja ini. Kami yang senantiasa melayani sebagai pelayanMu, baik yang berada dalam kelompok pelayanan terkecil di Lingkungan Pelayanan sebagai pengurus bidang kategorial, hingga kami sebagai majelis Jemaat dan para pendeta. Mampukan kami untuk melayani persekutuan jemaat ini dengan kuasa pelayanan dari RohMu ya Tuhan. Semua orang yang telah terlibat dalam liturgis pelayanan ibadah di minggu pagi ini, pemain musik, prokantor, khadim, kolektan, Majelis minggu bertugas yang melayani di dalam ibadah ini, kostor, dan juga tata usaha gereja yang membantu menyediakan keperluan liturgis, berkatilah nafas kehidupan kami semua. Sekiranya Tuhan menjaga dan menyertai segala pergumulan kehidupan kami. Gereja Tuhan di tanah Halmahera ini. Sinode GMIH kami doakan Tuhan yang memimpin para pekerja Sinode dengan segala unsur pekerjanya, mulai dari Ketua Sinode sampai kepada tata usaha, agar mereka dapat membimbing gereja Tuhan ke jalan yang berumput hijau dan berair tenang. Persoalan dan pergumulan gereja yang bersifat sinodal, kami percayakan Tuhan sebagai penolong kami.

Bangsa dan negara Indonesia pun kami doakan, agar kuasa kepemimpinan menjadi milik para pemimpin bangsa dan negara ini untuk kesejahteraan orang banyak. Baik pemimpin yang berada di pusat ibu kota negara ini, dan pemimpin yang berada di provinsi-provinsi, serta kabupaten, kota dan desa.

Bagi kami semua yang hadir saat ini  kiranya di sepanjang minggu ke depan Tuhan terus memberikan kesehatan, kemampuan di dalam kami menjalankan Tugas tanggung jawab kami , aktivitas kami, baik kami selaku Bapak, Ibu, Pemuda, Remaja dan Anak-anak.  Seluruh Kehidupan kami sepanjang minggu ke depan kami serahkan di dalam tangan kasihMu. Ini doa syukur serta permohonan kami ya Tuhan, dan kami akan menyempurnakannya dengan mengucapkan Doa Bapa Kami secara bersama-sama........

Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.


Syafaat 2
Allah Bapa yang di Sorga, Allah yang kami imani melalui Sang Juruselamat Yesus Kristus, kami datang bersama umatMu di Jemaat GMIH Mawlango dalam peribadatan Minggu Raya malam ini. Dalam lafasan doa ini, kami mengutus iman dan hati kami untuk setiap pergumulan doa pribadi, keluarga dan berjemaat. Sekiranya Allah Bapa berkenan dengan pergumulan yang kami panjatkan dalam lafasan doa sebagai umatMu di sini.


PerkenananMu memungkinkan kami sebagai umat telah dapat memuji-muji Tuhan lewat kidung-kidung pujian kami, baik dalam bentuk nyanyian umat umat secara bersama, maupun berkelompok sebagai umat yang terlibat dalam liturgis ibadah malam ini dengan pujian-pujiannya. Selain itu juga, bagian FirmanMu sudah boleh kami baca dan diperdengarkan kepada khalayak umatMu dalam persekutuan ibadah malam ini. Sekiranya, dengan isi firmanMu, kami menyadari apa yang salah dan yang terhilang dari diri kami. Sehingga kami dapat menemukan yang terhilang baik dari pribadi maupun persekutuan di sekitar hidup berumat dan berjemaat di sini.


Anugerahkanlah berkatMu bagi kehidupan kami, lewat apa yang menjadi usaha dan kerja kami, sehingga kami dapat menikmati hasil keringat dari pekerjaan dan usaha kami. Lalu ketika sukacita berkat itu boleh kami rasakan, kami dapat menjadi alat Bapa untuk memberkati orang lain di sekitar kami, termasuk juga memberkati gerejaMu di Mawlango dalam konteks pembangunan gedung gerejanya, yang mana kami dapat menopang proses pembangunan gedung gereja ini lewat tanggung jawab iuran pembangunan yang terbayarkan oleh kami setiap orang. Berkatilah proses pembangunan gedung gereja Mawlango, yang sementara dikerjakan oleh para tukang, serta kami yang boleh dipercayakan sebagai pengawas untuk memantau perkembangan pembangunan, baik dari segi kebutuahan material, maupun kebutuhan pendanaan, sehingga pembangunan gedung gereja ini terus dapat berkesinambungan sampai pada proses akhirnya.


Bersama umatMu, kami mensyukurkan tuntunan Bapa, Tuhan yang menyertai kami. Manakala kami berada di bidang-bidang tugas kami masing-masing dalam seluruh tugas dan tanggungjawab kami, yang memungkinkan kami untuk berjuang dan berkarya serta bekerja, dan kami berterima kasih sebab Bapa tidak meninggalkan kami di sepanjang perjalanan seusbu yang kami telah lalui. Bapa mengenal kami lebih dalam dari pada kami sendiri mengenal diri kami. Maka segala pergumulan kami dalam usaha dan kerja, serta kesehatan kami bawa ke hadapan Bapa dalam doa ini. Ketika kami datang kepadaMu bawa seluruh hidup ini dan persoalan-persoalan kami, Bapa jangan tinggalkan kami, melainkan berkenan Bapa menjawab kami.


Kami berdoa bagi semua orang yang tidak sempat bersekutu di
ibadah minggu baik pagi maupun malam hari. Para lansia yang telah lanjut usia, Bapa jumpai mereka di bilik-bilik rumah tangga mereka masing-masing. Berikan kesukacitaan penghiburan dan kedamaian tersebut. Supaya di hari tua mereka, mereka dapat rasakan kasih Bapa.


Bapa terima kasih,....... Karena Engkau selalu setia mendampingi mereka melewati tahun demi tahun kehidupan mereka; dalam kehidupan mereka di hari usia senja, ada tawa bahagia, ada tangis kesedihan semuanya itu boleh mereka lalui bersama Bapa. Kami terlalu percaya bahwa tanpa kehadiran Bapa, mereka tak akan mampu berjuang dan melalui semua rintangan dan pencobaan di dalam kehidupan mereka. Kini, meski tubuh mereka lemah, namun mereka akan tetap setia mengiring dan melayani-Mu Tuhan. Meski pelayanan yang mereka lakukan mungkin tidak sebaik seperti saat kami masih muda, namun kiranya Engkau tetap berkenan memakai mereka di hari usia senja mereka.


Kami juga berdoa bagi tiap-tiap orang yang mungkin ada dalam beban-beban penderitaan karena sakit. Tuhan kunjungi serta lepaskan mereka dari penderitaan ini. Mereka yang ada dalam kebimbangan dan ke-putus-asa-an,
Bapa juga berikan arah bagi mereka. Semangat bagi mereka untuk tetap hidup dan bertahan menjalani hidup ini. Dan ajarlah mereka untuk datang dan bilang kepada Bapa seluruh keluh kesah mereka. Sebab pada Tuhan sajalah ada jalan keluar. Pada Tuhan ada kelegaan dan sukacita.


Doa kami bagi mereka yang mengalami sukacita ketambahan usia kelahiran maupun usia pernikahan rumah tangga keluarga mereka. Bapa anugerahkan penyertaan yang sempurnah disetiap langkah kaki pergumulan kehidupan mereka.

Setiap orang yang karena perkenanan Tuhan mengalami pertambahan usia kehidupan yang baru : 1 tahun,,, 2, tahun,,, dll sertailah mereka dalam menapaki hari hidup dalam usia pemberian Bapa yang mengasihi mereka.

Begitu juga dengan kami semua yang karena perkenanan Tuhan mengalami sukacita karena campur tangan Tuhan dalam pergumulan-pergumulan kehidupan kami, sehingga kami bersyukur dalam ibadah ini dengan segala bentuk ucapan syukur kami..................................... berkatilah sukacita syukur yang kami imani lewat penyertaan Bapa dalam kehidupan kami.



Anak-anak kami yang demi masa depan ini berjuang di bangku-bangku sekolah untuk menuntut ilmu pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan SD sampai kepada Universitas, Bapa kiranya berkati mereka semuanya. Baik anak-anak kami yang kerena tuntutan ilmu pendidikan, berada di dalam desa dan kota ini maupun yang karena tuntutan ilmu pendidikan harus berada di tanah perantauan orang asing, Kiranya Bapa berkenan mengiringi jalan hidup mereka menjadi anak-anak yang memiliki masa depan dan diberkati oleh Bapa.

Semua anak-anak muda yang sementara ini berada dan dididik, dibina di dalam didikan katekesasi. Tuhan taruh roh ketekunan, kesetiaan serta dengar-dengar-an untuk tetap ada dan patuh terhadap semua ketentuan-ketentuan yang sedang berlaku di dalam lingkungan jemaat M
awlango Buli Kota ini. Biarlah melalui pendidikan katekesasi ini mereka terbentuk secara mental dan iman yang menunjukkan dirinya sebagai prajurit-prajurit Kristus, yang siap memuliakan Tuhan dengan sikap dan tingkah-laku yang dimiliki mereka.


Tak lupa kami doakan para perangkat pelayanan yang ada di jemaat
ini. Mulai dari Guru Sekolah Minggu, Koordinator, Pelayan Khusus (Diaken dan penatua) bahkan kepada Ketua Majelis Jemaat dan pendeta pelayan. Biarlah Tuhan berkati kami semua, dengan menganugerahkan kepada kami kemampuan, kekuatan dan kesehatan. Kami mengaku sungguh bahwa kami hanyalah alat Tuhan yang paling kecil yang Tuhan pakai di kebun anggur pelayananMu. Bapa lihat kerinduan hati kami untuk memuliakan pekerjaan Tuhan di tengah-tengah kebun anggur pelayanan Bapa. Pakailah kami seturut kehendak Bapa. Lengkapilah kami dengan hikmat dari Bapa, supaya dengannya kami mampu dan sanggup mengatasi masalah yang sulit sekalipun di dalam padang pengabdian kami selaku pelayan di kebur anggurMu.



umatMu yang turut melengkapi pelayanan pada malam ini sebagai organis, kostor, teknisi infokus, majelis pendoa persiapan dan penutup kegiatan ibadah di konsistori, prokantor, dan kolektan, sekiranya pelayanan ini berkenan di hadapan Bapa.

Di sini Bapa, kami telah menaikkan syafaat kami. Terlalu banyak yang kami masih mau sampaikan. Namun kami terlalu percaya bahwa Engkau Tuhan yang Maha Tahu telah mengetahuinya sebelum doa itu terucap dari bibir mulut kami. Sekali lagi berkenanlah Bapa mendengarkan teriakan suara dan doa kami di
saat ini, sambil kami memohon Bapa sendengkanlah telinga kasihMu untuk dengarkan dan jawab kami. Setulus kasih setia Bapa yang mengajarkan kami berdoa Bapa kami secara bersama-sama;

Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
Datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin!
  


Syafaat 3
Bapa di sorga, kami menyukuri kehidupan yang Engkau anugerahkan kepada kami. Setiap hari kami bisa menikmati kehidupan pemberianMu lewat aktivitas yang kami buat sehari-hari. Engkau telah menuntun langkah hidup kami sedemikian rupa, sehingga kami terluput dari marabahaya dan maut.

Bersama umatMu di sini, kami panjatkan doa bagi sesama dalam hidup berpersekutuan di jemaat ini. Kami datang dengan latar belakang pergumulan yang berbeda satu terhadap yang lain. Namun, kami yakini bahwa Engkau dapat mendengar segala permohonan yang kami panjatkan dalam pergumulan kami masing-masing.

Dengarkanlah permohonan kami ya Bapa, di kala kami sedang bergumul dengan penderitaan kami masing-masing. Anugerahkanlah ketabahan agar setiap penderitaan yang kami alami dapat kami lalui dengan kekuatan iman, yang senantiasa memandang Engkau sebagai penolong kami. Maka setiap orang yang berada dalam beban berat; baik karena kegagalan usaha, masa depan, keputusasaan, kekecewaan, dapat diteguhkan iman lewat hikmat dari Tuhan, yang mengajarkan tentang suka-duka dan dinamika sebuah kehidupan yang harus diperjuangkan dengan tanpa persungutan.

Pergumulan umatMu yang sedang berjuang dengan kesehatan mereka, sendengkanlah telinga kasih Bapa untuk mendengar doa permohonan Allah menyembuhkan mereka melalui sebuah kekuatan yang diusahakan; baik lewat makanan yang dikonsumsi maupun obat yang diresepkan untuk diminum. Jangan tinggalkan mereka dalam kesakitan mereka ya Bapa, sebab hadiratMu yang mendiami hati mereka akan menjadi obat yang menenangkan jiwa mereka yang tidak tenang karena jasmani yang sakit. Tolonglah para tenaga medis yang mereka butuhkan sebagai penolong mereka dalam kondisi sakit di rumah maupun medis, agar pelayanan yang dilakukan mereka dapat menolong sakit yang dialami oleh mereka.

Pagi ini pun kami berdoa bagi umatMu yang karena perkenanan Tuhan telah menambahkan sehasta usia kelahiran bagi umatMu di sini. Baik yang mengalami pertambahan usia kelahiran maupun usia pernikahan. Selalu sertailah langkah kaki mereka ya Tuhan, agar langkah kaki mereka tak berjalan pada lorong-lorong dosa.

Sebaliknya mereka mengalami pertumbuhan iman sesuai usia kelahiran yang Tuhan ijinkan mereka alami dengan usia mereka (1 tahun, 2 tahun, dst)

Para lansia yang telah mengecap banyak kebaikan dari Bapa Tuhan di sepanjang umur kehidupan mereka, senantiasa dijaga oleh Bapa melalui kesehatan yang terus melekat pada nafas kehidupan mereka. Anugerahkanlah roh kewibawaan bagi mereka, agar sombar mereka menjadi ketenangan bagi pribadi kami sebagai anak-anak mereka. Para lansia yang sedang karena perkenananMu Tuhan mengalami ketakberdayaan diri untuk melewati segala hari pemberianMu, kami doakan agar mereka terpelihara oleh Tuhan dalam usia senja ini.

Anak-anak kami dari dalam rahim ibu mereka, sampai yang sedang bertumbuh dalam usia dini serta menjadi pemuda pemudi. Biarlah masa depan mereka tertuntun dalam kehendak yang Bapa rancangkan. Anugerahkan hikmat bagi mereka, terkhusus yang telah mengenal tentang warna-warni godaan dunia yang membawa kepada pencobaan, agar mereka dapat menjadi anak-anak terang yang bijak menyikapi dunia di sekeliling kehidupan mereka.

Pergumulan mereka pada bangku pendidikan formal di sekolah pun kami turut doakan agar lewat pendidikan formal di sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, SMU hingga Perguruan Tinggi dapat menghantakan mereka pada cita-cita yang menjadi harapan masa depan mereka.

Kami bawa seluruh bentuk usaha dan mata pencaharian kami dalam doa ini kepadaMu ya Bapa Tuhan. Tolonglah Bapa memberkatinya. Sehingga segala usaha dan pekerjaan yang kami tekuni menjadi sukacita bagi kami karena berkat yang kami peroleh dari padanya. Baik itu pekerjaan swasta, mandiri, ataupun pekerja di ranah sipil pemerintahan.

Ajarkanlah kepada kami untuk dapat bersyukur atas semua pemberian kesehatan yang dengannya kami boleh melakukan usaha dan pekerjaan kami, sehingga kami dapat menjadi umat yang menghormati Tuhan sebagai Bapa yang memelihara hidup kami.
  1. JIKA ADA PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN DOAKAN.....
  2. JIKA ADA SYUKUR USAHA PEKERJAAN DOAKAN.....

Kami datang sambil menyampaikan pergumulan kami dalam persekutuan berjemaat di sini. Pergumulan pembangunan gedung gereja yang sedang kami upayakan. Tolonglah kami dalam usaha pendanaan ya Bapa, agar Engkau membuka pintu hati anak-anak Tuhan yang  berlimpah berkat Tuhan dalam rumah tangga keluarganya, untuk dapat menolong kami sebagai donatur yang berpartisipasi dalam setiap penggalangan dana yang diupayakan dalam persekutuan berjemaat di sini.

Ampunilah salah kami jika dalam ibadah ini ada hal yang kami perbuat tidak sesuai kehendakMu. Anugerahkan kasihMu bagi kami, yang Bapa Tuhan percayakan sebagai para liturgis sebagai organis, prokantor, kolektan, kostor, khadim, teknisi infokus, majelis kelompok minggu tugas, semangatilah iman kami dengan hasrat memberi hidup kami kepada Tuhan lewat sukacita melayani di kebun anggur milik Tuhan.

Kami pun berdoa bagi gerejaMu di sini, agar persekutuannya awat. Sehingga sebagai para pelayan khusus dan umat dapatlah kami saling menopang pelayanan satu terhadpa yang lain. Semua orang yang Tuhan percayakan untuk dipanggil bekerja di ladang kebung anggurNya di jemaat ini; termasuk sebagai pengasuh guru sekolah minggu, kami berdoa senantiasa Bapa Tuhan menyertai langkah kehidupan kami.Amin!


Syafaat 4

Ya Tuhan Allah Bapa di sorga. Terima kasih telah berjalan menemani kami di sepanjang hidup ini. Jika Engkau tidak menyertai kami, langkah kaki kami pasti terhenti pada jalan-jalan kehidupan yang penuh pergumulan dan tantangan hidup. Kami bersyukur kepadaMu, sebab pada tubuh kami masih Engkau anugerahkan nafas kehidupan di setiap detik jalan kehidupan kami.

Kami bersyafaat bersama umatMu di sini:
Ingatlah kepada umatMu yang sedang bergumul dalam masa kesukaran karena beban berat dan penderitaan sakit. Orang-orang yang berputus asa, orang-orang yang mengalami kekecewaan dalam hidup karena pengalaman hidup yang tertolak di masa lalu bahkan karena kekurangan-kekurangan yang ada pada diri mereka. Tuhan, kami percaya bahwa Engkau berkuasa menghibur mereka. Engkau berkuasa membebaskan mereka dari penderitaan karena sakit. Engkau berkuasa membaharui hati nurani mereka sehingga tidak hidup dengan pola kehidupan yang keliru karena memandang pada masa lalu yang pahit, atau kekurangan yang melekat pada diri mereka. Seban Engkau adalah Allah penolong satu-satunya di dalam dunia kami hidup.

Usaha dari umatMu yang sedang berjuang terhadap sakit dan penyakit mereka, baik di rumah maupun di rumah sakit, termasuk mereka yang karena usia senja harus menikmati kehidupan pemberian Tuhan dengan tubuh yang lemah atau tidak lagi berdaya. Janganlah Engkau meninggalkan mereka. Sukacitakanlah mereka lewat penghiburan dan kekuatan. Sebab dengan demikian, mereka dapat menikmati hidup yang Engkau anugerahkan bagi mereka.

Kami datang bersama umatMu dari latar belakang usaha dan pekerjaan mereka masing-masing. Berkatilah aktifitas yang mereka kerjakan sesehari, sehingga dari mata pencaharian mereka itu tercukuplah keperluan sandang, papan, dan pangan.

Kami berdoa bagi masa depan generasi orang percaya di dalam persekutuan jemaatMu di sini. Tuhan berkaryalah pada anak-anak kami. Berkatilah pertumbuhan mereka secara jasmani dan juga rohani, sehingga mereka dapat menjadi anak-anak Kristen yang hidup membawa berkat serta takut akan Tuhan. Berkaryalah dalam pertumbuhan iman mereka ketika mereka dididik dengan pengetahuan iman akan Engkau, baik dari bangku Sekolah Minggu jenjang Balita, Batita, Indria, madya sampai Jenjang Remaja dan Pemuda Gereja. Tanggungjawab membawa anak-anak ini pada pengenalan akan Tuhan, yang dilakukan oleh para guru sekolah minggu, sekirannya Tuhan turut menyertai mereka dengan hikmat dan ketrampilan dari padaMu. Sehingga, dari generasi inilah, lahir anak-anak Tuhan yang berhati Yefta. Ketika kehidupan yang mereka tempu berbentur tembok permasalahan dan pergumulan, maka hanya kepadaMu mereka membawa segala perkaraNya kepada Tuhan.

Ajarlah kami agar dapat menjadi umatMu yang selalu membawa pergumulan hidup kami hanya kepada Tuhan, di dalam doa dan sembahyang kami. Sebab Engkau Allah yang dekat kepada setiap orang yang remuk dan patah hatinya.

Di sini kami berdoa bagi masa depan anak-anak kami. Dari anak yang sedang membelajarkan diri menuntut ilmu pengetahuan di bangku PAUD, TK, SD, SMP, SMU, dan Perguruan Tinggi. Anugerahkan kepintaran dan kecerdasan bagi mereka, sehingga mereka dapat menggapai cita-cita mereka kelak.

UmatMu yang terlibat di dalam liturgis ibadah ini, sebagai Pengisi pujian VG/Yangere/PS, Prokantor yang memandu nyanyian jemaat. Pemain Keyboard, Operator Infokus, Kostor, Tata Usaha, Kolektan, Majelis Pelayanan orang sakit di rumah dan di rumah sakit, Pembawa doa persiapan dan penutupan ibadah di konsistori, pendoa dan pembaca Alkitab, serta khadim Ibadah. Semua yang kami lakukan semat-mata adalah karena kami menyadari kepercayaan yang Engkau percayakan kepada diri kami setiap orang. Maka biarlah kami dapat diperlengkapi oleh hikmatMu, agar senantiasa kami makin berbuah dalam melipatgandakan talenta yang Tuhan anugerahkan pada diri kami masing-masing.

Kami berdoa bagi pelayanan di dalam persekutuan jemaat ini. Kuasailah hati kami Tuhan, agar kami dapat mengelolah hati kami ketika dalam dunia pelayanan kami baik di jemaat maupun Lingkungan Pelayanan, kami dibenturkan dengan tantangan pelayanan. Urapilah mulut dan perkataan kami, agar setiap doa yang kami panjatkan bagi pergumulan umatMu menjadi berkat untuk kehidupan mereka. Tak lupa kami memohon dari pada Tuhan, berkati para pendeta yang dipercayakan Engkau sebagai pendoa umatMu di sini.

Pergumalan persekutuan jemaatMu yang sedang membangun fisik gereja jemaat GMIH Mawlango. Hanya pertolonganMu ya Tuhan Allah, Bapa di sorga, maka setiap kendala finansial pembangunan dapat kami lewat satu demi satu. Kami berdoa agar Engkau menganugerahkan hikmatMu bagi para panitia pembangunan, berikan rasa tanggungjawab di hati mereka, taburkanlah rasa solidaritas sehingga tugas yang dipercayakan kepada mereka menjadi berkat bagi umatMu senantiasa.

Sehatkanlah para tukang yang sedang membangun gedung gereja ini, supaya tidak ada pekerjaan yang tertunda untuk membangun gedung gereja ini.

Kami berdoa bagi setiap orang di dalam dunia ini, yang karena firmanMu mereka mengalami kesusahan hidup serta terpenjara sebagai tawanan. Nyatakanlah kuasaMu di dalam pelayanan mereka, agar orang makin memercayai Tuhan kami Yesus Kristus, sebagai Allah yang benar-benar hidup dan berkuasa di dalam dunia ini.

Kami pun bersyafaat bagi kedua Pelayan Tuhan Pendeta di GMIH yang sedang bergumul dengan sakit mereka dan sedang menjalani perobatan di Manado. Kuatkanlah keluarga mereka, dan Tuhan pun menyertai hamba-hambaMu tersebut, supaya mereka tetap teguh imannya dalam melewati sakit yang mereka sedang alami.

Kami berdoa juga, berkatilah negara kami yang pada tgl 17 Agustus 2019 genap berusia 74 tahun. Jauhkanlah negeri kami ini dari kerusuhan dan kekacauan. Dan Tuhan mengurapi roh keberanian kepada para pemimpin kami di negara tercinta ini, agar mereka tidak takut pada ketidakbenaran, apalagi kompormi dengan ketidakadilan.

Para pemimpin di pusat, provinsi, kabupaten, desa, sekiranya dirahmati oleh kasih setiaMu. Begitu juga kedua desa dalam persekutuan jemaat GMIH Mawlango ini; Buli Kota dan Sailal. Kedua kepala desa, beserta jajaran pakerjanya. Tuhan merahmati mereka senantiasa.

Syukur umatMu........
  1. ..........................
  2. ..........................
  3. ..........................
Dan kami akan berdoa “Bapa Kami” sebagaimana yang Engkau telah ajarkan demikian :

“Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,

datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;

dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.”
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar