Jumat, 01 November 2019

Liturgis I 03 November 2019


NAS PEMBIMBING :
(Mazmur 199:143) “Aku ditimpa kesesakan dan kesusahan, tetapi perintah-perintahMu menjadi kesukaanku”

PENGAKUAN DOSA :
(Mazmur 32:1-2)
1Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!
2Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

Mari berdoa :
Kami menghadap hadiratMu ya Allah. Memberitahukan sikap dan perilaku hidup kami kepadaMu. Tak ada yang dapat kami katakan selain mengakui keberdosaan kami. Hidup yang Engkau anugerahkan bagi kami ya Allah, sering tidak kami mengisinya dengan ungkapan syukur, namun pengeluhan ketika penderitaan dan pencobaan menyinggung perjalanan hidup kami. Kami menggerutu menyalahkan orang di sekitar kami sehingga dosa menjadi subur dalam keseharian hidup kami. Ampunilah kami yang seringkali melupakan Engkau sebagai satu-satunya penolong hidup kami, sebab banyak kali kami menjadikan manusia sebagai tempat pelarian meminta pertolongan, kami mengandalkan jabatan, pekerjaan, dan kekuasaan yang dimiliki oleh manusia, sehingga mereka seolah menjadi Allah kami. Perkenankanlah kasihMu kepada kami ya Allah. Hapuskanlah dosa kami hanya oleh kuasa Darah Kristus Yesus. Amin!

BERITA PENGAMPUNAN
(Yesaya 54:7-8)
7Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali.
8Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu.

HUKUM TUHAN
(Ulangan 30:11-20)
11"Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh.
12Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
13Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya?
14Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.
15Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan,
16karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.
17Tetapi jika hatimu berpaling dan engkau tidak mau mendengar, bahkan engkau mau disesatkan untuk sujud menyembah kepada allah lain dan beribadah kepadanya,
18maka aku memberitahukan kepadamu pada hari ini, bahwa pastilah kamu akan binasa; tidak akan lanjut umurmu di tanah, ke mana engkau pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.
19Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu,
20dengan mengasihi TUHAN, Allahmu, mendengarkan suara-Nya dan berpaut pada-Nya, sebab hal itu berarti hidupmu dan lanjut umurmu untuk tinggal di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni kepada Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka."

PENGAKUAN IMAN RASULI
Aku percaya kepada Allah,
Bapa yang Mahakuasa,
Khalik langit dan bumi.
Dan kepada Yesus Kristus,
Anak-Nya yang Tunggal, Tuhan kita.
Yang dikandung dari Roh Kudus,
lahir dari anak dara Maria.
Yang menderita sengsara
di bawah pemerintahan Pontius Pilatus,
disalibkan, mati dan dikuburkan,
turun ke dalam kerajaan maut.
Pada hari yang ketiga bangkit pula
dari antara orang mati.
Naik ke surga,
duduk di sebelah kanan Allah Bapa yang Mahakuasa.
Dan dari sana Ia akan datang
untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.
Aku percaya kepada Roh Kudus,
Gereja yang kudus dan am,
persekutuan orang kudus,
pengampunan dosa,
kebangkitan tubuh,
dan hidup yang kekal!


DOA UMUM :
Pada minggu pertama, hari ketiga di pagi ini kami datang kepadaMU ya Tuhan. Allah penolong yang menyelamatkan kami melalui hari demi hari, sehingga dalam perkenanan Tuhan, kami boleh masuk dalam bulan rahmat yang kesebelas di tahun 2019 ini. Hanya Dikau ya Allah yang sanggup membawa kami tiba di hari, minggu dan bulan baru ini. Kami datang bersama umatMu secara khusus mereka yang merasakan kasih dan cintaMu. Kami berdoa bagi umatMu sekalian, yang mengalami kebaikan Tuhan di dalam hidup keluarga pun peribadi. Mereka yang bersyukur karena Tuhan menambahkan usia baru dalam kehidupan mereka, baik ketambahan usia pernikahan rumah tangga mereka maupun usia hidup kelahiran .......................... tahun. Senantiasa Engkau melawat kami dalam menapaki pertambahan usia hidup yang baru, sehingga kami senantiasa mengalami kesejahteraan batin yang terlahir dari pengawalan tangan Tuhan bagi kehidupan kami.

Ketika Engkau Allah Tuhan kami menganugerahkan usia yang baru. Kami memohon di dalam lafasan doa ini, anugerahkanlah kepada kami kesehatan. umatMu dari Lingungan Pelayanan 1 hingga Lingkungan Pelayanan 9 membutuhkan tubuh yang sehat. Namun pada rumah tangga keluarga-keluarga kami, kami menjumpai orang-orang yang kami kasihi sakit. Maka berkatilah jasmani mereka, anugerahkan sukacita di batin, sehingga mereka dapat mengalami kekuatan, pengharapan untuk memiliki kondisi badan yang sehat. Semua orang sakit di dalam persekutuan jemaat Mawlango ini Tuhan lawatlah kehidupan mereka.

2. Syukur persepuluhan
Dalam usaha dan kerja kami, cintaMu kami alami lewat pelawatan di setiap aktifitas kerja kami, baik yang melakukan aktifitas usaha dan kerja di darat maupun di laut. Saat kami bergumul dengan usaha kerja kami, ada berkat yang kami rasakan. Kami dapat mencukupkan kebutuhan hidup kami. Kami tak mengalami kekurangan untuk masa depan keluarga dan anak-anak kami. Sebab berkatMu merupakan juang kerja kami dari pakerjaan yang bukan berpangku tangan, melainkan usaha kerja yang benar. setiap makanan yang kami makan dari hasil usaha kerja kami, Tuhan berkati sehingga menjadi kesehatan dan kekuatan guna mengelolah hari pemberianMu yang masih selalu ada di setiap hari esoknya.
SYUKUR-SYUKUR PERSEPULUHAN PUN KAMI BAWAKAN SEBAGAI PERSEMBAHAN KORBAN IMAN KAMI.
Berkatilah mata pencaharian kami ya Tuhan Allah, sehingga kami senantiasa di berkati. Kami yang Tuhan percayakan sebagai Guru, Pegawai Negeri Sipil, TNI-Polri, Pegawai Swasta-Wira-Usaha, Pekerja Buru Kasar, Pemborong, Penarik Bentor, Pedagang yang membangun bisnis lapak dan berjualan di pasar maupun kios-kios kecil. Dewan Rakyat di Jajaran Pemerintahan Kabupaten, serta lain sebagainya, Ajarlah kami untuk setia dan tekun mengelolah pekerjaan mata pencaharian yang Tuhan anugerahkan kepada kami masing-masing.

3. Syukur-syukur lain karena keberhasilan bisnis kami pun pertaruhkan ke dalam tangan Tuhan memohon penyertaan dan kebaikan dari padaMu.

Kami berdoa bagi para lanjut usia di dalam persekutuan berjemaat di sini. Tuhan memberikan umur panjang dengan kesehatan yang baik bagi badan mereka. Sehingga hari senja mereka dapat dirasakan sebagai hari-hari Tuhan yang penuh kebaikan.

Anak-anak kami mulai dari dalam rahim hingga yang telah menjadi pemuda/i. Pertumbuhan dan masa depan mereka Tuhan ciptakanlah masa depan yang cemerlang dan penuh dengan kebaikan. Anak-anak kami yang sedang bergumul dalam usaha memiliki pekerjaan Tuhan dengarlah pinta gumul doa mereka masing-masing. Lalu ketika mereka telah dianugerahkan sebuah pekerjaan yang dicita-citakan mereka, ajarlah mereka untuk tekun dan setia, sehingga tidak menjadi orang yang tak bertanggungjawab dan mengabaikan berkat yang telah Tuhan hadiahi kepada mereka.

Semua wanita mengandung, doa kami Tuhan anugerahkan kesehatan pada janin dan rahim mereka, sehingga dalam proses persalinan mereka, tidak ada hal buruk yang menghambat persalinan yang mereka nanti-nantikan.

Kami berdoa bagi gerejaMu di seluruh dunia, berkatilah para pemimpin gereja serta pekerja-pekerja di gerejanya. Tantangan-tantangan gereja dalam globalisasi dunia ini, sekiranya menjadi cambuk yang lebih meneguhkan semangat pelayanan dan bergereja. Orang-orang yang karena Injil Kristus mengalami kesusahan hidup di segala bidang kehidupannya, tolong mereka agar senantiasa menaruh iman hanya kepada Tuhan.

Gereja-gereja di Indonesia dengan kepelebagaiannya, ajar kami untuk dapat saling mengakui dan menerima satu terhadap lain, sehingga kami dapat menjadi gereja yang oikumenis dan esa. Secara khusus Gereja Masehi Injili di Halamahera yang telah usai berproses dengan Sidang Majelis Sinodenya, para pemimpinnya dapat membawa gereja ini sesuai cita-cita Gereja yang segerakan dalam tujuan pelayanan mulia gereja ini.

Berkatilah gereja Tuhan yang ada di Mawlango ini, kami selaku pekerja dan pengurusnya. BPHJ, Panitia Pembangunan Gereja, Majelis Jemaat, Penatua dan Diaken, Pengurus-pengurus di bidang kategorial dalam persekutuan Lingkungan Pelayanan, serta Pengasuh Guru Sekolah Minggu. Jangan Tuhan meninggalkan kami di kala kami melayani pekerjaan mulia ini. Lengkapi diri kami dengan roh keberanian juga kesetiaan dan ketabahan. Serta cita-cita membangun gedung gereja Mawlango dapat berjalan dalam penyertaan dari pada Tuhan.

Pelayanan kami di dalam ibadah minggu ini, sebagai Pelayan Firman, sebagai prokantor, organis, majelis kelompok bertugas, kolektan, dan umat yang melengkapi kepentingan liturgis di dalam ibadah ini sebagai Paduan Suara serta kostor, diberkatilah kehidupan kami menjadi berkat dan alat kesaksian Tuhan senantiasa.

Dengan bangsa dan negara kami ini pun, sekiranya tangan Tuhan memberkati, sehingga bangsa kami dari pusat pemerintahan hingga ke provinsi, kabupaten dan desa dapat menjadi berkat bagi bangsa ini.

Doa yang kami panjatkan ini sekiranya berkenan di hadapanMu ya Tuhan, Allah yang mengajarkan kami berdoa Bapa Kami yang akan kami ucapkan secara bersama-sama di saat ini, demikian........... Bapa Kami yang di sorga, dikuduskanlah namamu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar